All About MT Jasindo 2018

by - August 07, 2018



Sebenarnya aku juga nggak tahu menahu tentang perusahan PT. Asuransi Jasa Indonesia ( Jasindo ) . Maksud ku, dulu waktu kuliah pun aku nggak pernah denger perusahaan ini. Hehe. Paling yang sering mampir dikuping dan yang sudah hafal diluar kepala adalah Pertamina, PLN, Krakatau Steel, Kemenkeu, KPK, BI, OJK, dan Bank-Bank yang ada di Indonesia. Lalu bagaimana saya pertama kali bisa kenal dengan perusahaan ini? Karena salah satu teman saya SMA ada yang bekerja disana setelah dia lulus kuliah tahun 2016 an.

Untuk pertama-tama saya kenalkan terlebih dahulu apa itu perusahaan PT. Asuransi Jasa Indonesia. Daripada seperti saya yang belum kenal apa itu Jasindo, mending baca baca dulu di web nya. PT. Asuransi Jasa Indonesia adalah sebuah perusahaan asuransi milik Negara. Untuk history nya, kalian bisa melihat di company profilenya www.jasindo.co.id/tentang-kami/riwayat. Disitu sudah tersuguhi lengkap visi misi beserta profile dan history dari perusahaan.

Pertama kali saya tau ada lowongan untuk Management Trainee itu karena teman aku yang kerja di Jasindo share lowogan itu di IG story nya. Lalu karena pada saat itu, aku juga baru mencari-cari pekerjaan baru ( yang hari sabtu bisa libur, itu prioritas ku pada saat itu ) , akhirnya aku tanya-tanya lebih lanjut tentang lowongan ini. Yang aku tanyain waktu itu sih masih mengenai tes tes nya gimana, ada FGD atau enggak, karena jujur aku bener bener nggak bias FGD dan selalu gagal ditahap ini. Dan setelah aku Tanya panjang lebar, alhasil aku membulatkan tekad untuk mendaftar Management Trainee Jasindo ini.


Pendaftaran Online

Pendaftaran untuk Management Trainee 43 dan Pelaksana 44 ( apa beda MT dan PL, aku bahas di tulisan lain ya) itu dilakukan secara online. Jadi semua yang ingin mendaftar tinggal mengisi form yang sudah disediakan oleh pihak Jasindo. Kita juga diharuskan untuk melampirkan ijasah, transkrip nilai juga. ( aku lupa apa aja yang harus di kumpul itu hahaha).


Pengumuman Administrasi

Setelah kita mendaftar secara online, sekitar hamper 2-3 minggu akhirnya pengumuman lolos/tidak seleksi administrasi keluar juga. Saat itu kira-kira yang daftar lebih dari 1000 orang yg lolos administrasi. Alhamdulillahnya namaku masuk di salah satu 1000 calon itu.
Lolos administrasi adalah langkah awal untuk berjuang lebih lagi. Setelah kita di nyatakan lolos admin, selanjutnya, kita diberikan username dan password untuk tes Online. Dari awal, tahapan seleksi Jasindo ini dikelola oleh PPM Management.


Tes Online

Untuk tes online ini sebenernya sama aja dengan tes online perusahaan lain, yaitu numerical, persamaan kata, gambar-gambar, dll. Kita diharuskan banget untuk konsentrasi dalam tes ini.
Oiya, selain tes online psikotes, ada juga tes bahasa inggris secara online. Untuk tes bahasa inggris ini soalnya ya hamper-hampir sama dengan yang selalu dikeluarkan oleh PPM kok. Jadi kalau sudah sering ikut rekrutmen perusahaan insyaallah pasti lancer mengerjakan. *Untuk catatan, kalau kalian kesusahan tes bahasa inggris ini, *JANGAN SESEKALI MENGGUNAKAN JOKI* kenapa? Karena tes psikotes dan bahasa inggris ini nantinya akan diulang lagi , masih secara online, tetapi kita diawasi oleh panitia.  Jadi tetap harus jujur ya.
Hampir lupa, psikotes dan bahasa inggris, kita juga diwajibkan untuk mengisi pertanyaan yang sudah disiapkan oleh pihak Jasindo. Pertanyaan nya mengenai apa kemampuan kita dan pengalaman kita aja sih, dan visi misi kita gitu kedepannya.


Tes Wawancara Online

Setelah ditunggu kurang lebih 1-2 minggu ( kalau nggak salah), akhirnya pengumuman yang ditunggu lebih dari 1000 orang akhirnya keluar juga. Dari 1000 orang yang lolos administrasi itu, yang diundang untuk interview online ini kira-kira sekitar 400 an kalau nggak salah ya, jadi hanya setengahnya saja yang lolos. Dan lagi-lagi aku bersyukur karena namaku ada diantara 400 orng yang lolos itu.
Saat interview online ini, sangat diharapkan kita mempunyai koneksi yang stabil, jangan gagal gara-gara koneksi lemot. Tampilan pun juga harus tetap rapi ya walaupun kiat dan pewawancara nggak bertatap muka. Saya aja waktu itu pakai jas walaupun bawahnya pake celana pendek doing hahahaha.
Wawancara nya sendiri itu kurang lebih memakan waktu hamper 1 jam. Dan setelah wawancara selesai, kita akan disuruh untuk mengerjakan tes online yang kemarin sempat dikerjakan secara online sendiri-sendiri itu. Tetapi kali ini, kita harus share view dengan pewawancara agar pewawancara juga bisa melihat kita saat mengerjakan tes tersebut.


Tes Akademik dan Wawancara Direksi

Butuh waktu yang lumayan agak lama untuk menunggu ke tahap ini, yaitu 3 minggu an. Dari 400 pendaftar yang lolos di tahap Interview online, akhirnya hanya 150 an yang bisa lolos ke tahap tes akademik dan wawancara direksi.
Oiya, sebagai catatan, tes akademik ini hanya disyaratkan untuk kalian yang mempunyai background IT saja, karena tes nya tentang ngoding CRUD. Selain jurusan ini, tenang aja, kalian hanya akan wawancara direksi saja.
Dan untuk wawancara direksi, kita akan diwawancarai 2 direksi Jasindo, dalam satu hari. Kebayang kan gimana groginya saat kamu harus menghadapi 2 direksi dalam satu hari itu haha. Disini kita dituntut untuk sabar menunggu karena memang pas angkatan saya ini bahkan ada yg jadwalnya harusnya siang bisa diwawancara sama direksinya jam 7 an malem. Wkwkwk. Tapi tenang aja, dapat makan plus snack. Ya, kita tahu lah ya jadwal direksi mungkin sibuk juga dan kita juga harus sabar buat nunggu in nya sih.
Nah, saat saya wawancara dengan direksi Jasindo pertama hal yang saya rasakan adalah deg deg an. Tetapi karena direksi Jasindo juga ramah banget akhirnya wawancara  itu malah seperti diskusi aja gitu jadinya, mengalir aja. Bahkan sat wawancara aku bilang kalau punya hobby naik gunung, eh ternyata bapaknya juga, yaudah deh nyambung disitu akhirnya ngomongin gunung aja. Hahaha
Oiya, untuk catatan juga, wawancara ini diawali pakai bahasa inggris ya. Kalau lancer full bahasa inggris nggak papa sampai akhir pakai bahasa inggris. Kalau level nya kayak saya, masih campur pakai bahasa Indonesia juga nggak papa. Asalkan kita ada niat buat berusaha ngomong pakai bahasa inggris.
Tempat wawancara : Di Kantor Pusat Jasindo Jakarta

Tes Kesehatan
Pengumuman hasil tes akademik dan wawancara direksi ini kurang lebih 2 minggu. Jujur setelah tes akademik dan wawancara direksi ini saya rada pesimis. Karena saya sangat kurang unntuk mengerjakan tes akademiknya yang notabene adalah ngoding asik CRUD hehehe. Saat itu saya udah pasrah lah intinya sama kuasa yang Diatas. Kalau rejeki yang Alhamdulillah, kalau belum yasudah lanjutkan hidup dengan bahagia.
Dan alhamdulillahnya, saat 2 minggu saya menunggu, nama say ada di daftar 64 orang yang berhak ikut tes kesehatan. Saya Cuma bisa sujud syukur bisa lolos sampai tahap ini. Karena tahap tes kesehatan ini adalah tahap akhir dari tahapan seleksi MT 43 dan PL 44 Jasindo.
Nah untuk tes kesehatan sendiri dilaksanakan di kota masing masing sesuai domisili. Tetapi karena pada saat itu saya bekerja di Malang, alhasil saya pindah tes kesehatannya di Malang. Tes Kesehatannya di Prodia dekatnya UM. Yang diperiksa itu full ya. Seperti tes urin, tes darah, teas detak jantung, tes mata, dan cek fisik.
Dan setelah selesai tes, kita diharuskan untuk menunggu apakah lolos atau tidak menjadi calon karyawan Jasindo ini. Kurang lebih 3 minggu, ada notif di email dari Jasindo yang isinya tentang list nama-nama yang lolos menjadi calon karyawan dan diwajibkan untuk mengikuti pre-entry di Bogor. Alhamdulillah, namaku ada di antara 64 orang yang lolos itu. 



Dan cerita kehidupan di ibukota pun dimulai dari sini....







You May Also Like

3 comments

  1. Mba, itu crudnya basis bahasa php database mysql bukan?

    ReplyDelete
  2. Mohon direspon ya mba, thanks.

    ReplyDelete
  3. Hi..irfan, maaf late reply. Iya untuk crudnya php mysql biasa kok...

    ReplyDelete